Layanan Permohonan Paspor RI Online: Bergunakah?

Seiring dengan perkembangan teknologi, penduduk Indonesia yang berniat memperpanjang paspor (membuat paspor baru) sekarang dapat melakukannya secara online. Nah, apakah keuntungan melakukan proses online jika dibandingkan dengan proses manual?

Sebelum saya memulai ulasan ini, mungkin anda perlu mengetahui sedikit detail pribadi saya karena dokumen-dokumen yang diperlukan berbeda setiap individualnya (tergantung status, jenis pekerjaan, dsb):

Status: Belum berkeluarga (jika sudah, Surat Nikah diperlukan. Pembuatan paspor anak perlu Surat Pernyataan)
Pekerjaan: wiraswasta (karyawan negara/swasta perlu melampirkan SKK)
Paspor: perpanjangan paspor perorangan

Dokumen yang saya persiapkan: Kartu Keluarga (KK), KTP, Akte Kelahiran, Paspor lama (jika ada). Dokumen yang saya sebutkan diatas harus difotokopi (ukuran A4!) dan aslinya juga harus dibawa. Website Imigrasi RI memberikan penjelasan yang cukup detail mengenai dokumen yang diperlukan.

Satu hal lagi yang perlu diketahui, bahwa permohonan paspor (baik baru maupun perpanjangan) mempunyai cara kerja yang IDENTIK. Baik secara Online maupun Manual, tidak ada perbedaan pada proses penanganannya.

Flow penanganan pembuatan/perpanjangan paspor RI sbb:
1. Datang, beli stopmap (sudah termasuk Cover paspor baru) seharga Rp. 10.000,-
2. Ke customer care, cek dokumen dan pengisian formulir pra-permohonan. (Tidak harus ke customer care, tetapi menurut saya penting untuk memastikan dokumen anda lengkap/tidak)
3. Ke loket pra-permohonan, dimana mereka memeriksa dan mengambil stopmap anda untuk proses selanjutnya. (Jika manual, anda akan mendapat nomor antrian A sebelum proses konfirmasi)
4. Ke loket konfirmasi, dimana anda mendapatkan tanda terima (konfirmasi) permohonan.
5. Ke loket pra-pembayaran, dimana anda akan mendapatkan nomor antrian B untuk melakukan pembayaran, foto, dan wawancara.
6. Kembali ke loket pra-pembayaran (yang juga bertindak sebagai kasir) untuk membayar biaya paspor RI anda (Rp. 255.000,-)
7. Ke ruang biometrik untuk melakukan foto dan wawancara singkat.

Anda pasti bertanya, jika tidak ada perbedaan proses penanganan paspor, mengapa saya harus repot-repot mengisi online form serta meng-scan dokumen-dokumen yang diperlukan? Toh akhirnya saya juga harus fotocopy dokumen-dokumen tersebut, serta mengisi form lagi di kantor imigrasi. Apa keuntungan Layanan Permohonan Paspor Online?

Nah, jika anda perhatikan flow 1-7 diatas, proses tersebut sangatlah tidak efktif dan berbelit-belit. Tetapi, jika anda telah melakukan permohonan paspor secara online, proses penanganan paspor (1-7) akan beres pada hari itu juga. Jika dilakukan secara manual, anda diharuskan datang 2 (dua) kali: proses 1-3 di hari pertama, dilanjutkan dengan proses 4-7 di hari kedua. Jadi, permohonan paspor secara online akan menghemat waktu anda secara signifikan.

Apakah saya sangat merekomendasikan Layanan Permohonan Paspor Online dari Ditjen Imigrasi RI? Ini pertanyaan yang cukup sulit dijawab. Benar, dengan melakukan pra-permohonan secara online, anda hanya datang sekali untuk proses permohonan (sekali lagi untuk pengambilan). Tetapi, banyak travel terkemuka yang menawarkan jasa pembuatan paspor. Anda hanya datang pada saat pengambilan foto dan wawancara.

Konklusi:
Jika anda ingin mengurus paspor sendiri, saya sangat tidak merekomendasikan pra-permohonan paspor secara manual karena anda diharuskan datang 2 kali (plus 1 kali lagi untuk pengambilan). Tetapi, saya menghabiskan waktu hampir 6 jam di kantor imigrasi walaupun saya telah melakukan pra-permohonan online. Setiap flow diatas (1-7) membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit. Jika anda terlalu sibuk untuk menghabiskan 5-6 jam dihari kerja, jasa agen travel adalah solusi yang terbaik. Anda mungkin harus membayar lebih mahal (sekitar 1,5 kali harga normal), tetapi anda hanya perlu menunggu 1-2 jam untuk proses foto dan wawancara.

Layanan Online Ditjen Imigrasi adalah satu langkah yang positif, tetapi efisiensi proses pembuatan paspor sangatlah buruk dan berbelit-belit. Semoga Ditjen Imigrasi (dan institusi-institusi lainnya di Indonesia) dapat terus berbenah untuk melayani masyarakat dengan lebih baik.

About these ads

2 thoughts on “Layanan Permohonan Paspor RI Online: Bergunakah?

  1. Memang sanagt berbelit2 kalau manual ada pegawainya yg bilang tidak bisa diwakilkan sama teman atau saudara toh calo dan agent sama aja . Klo foto sama wawancara tau harus orang yg bersangkutan datang. Trus kenapa ya klo pake calo dan orang dalam kekurangan dokumen bisa lolos asalkan dibayar lebih . coba klo urus sendiri dokument pendukungnya bnyk diminta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s